Jan 5, 2011

Posted in Artikel Kuliner | 0 Comments

Daging Gurita Yang Dibikin Sate

Bila kita sering menikmati daging cumi maka hal itu adalah biasa. Kini ada yang lebih unik lagi dan ternyata tak kalah lezatnya yaitu daging gurita. Memang di masyarakat kita hal itu kurang umum namun sudah terkenal sejak dulu bahwa daging gurita lezat. Hal itu sudah dibuktikan sejak lama oleh orang-orang bangsa Korea, Jepang dan Itali. Salah satu kuliner praktis dari Jepang yang dibuat dari daging gurita adalah Takoyaki yang berupa bakwan goreng berisi irisan-irisan daging gurita bercampur tepung terigu dan sayuran. Rasanya gurih agak manis dan lebih kenyal ketimbang cumi-cumi.

Namun kali ini kita akan membahas kuliner yang terbuat dari gurita tetapi berasal dari negeri sendiri yaitu dari Bengkulu. Umumnya dari daerah lain sangat jarang ada makanan yang terbuat dari gurita. Dan ternyata di Bengkulu ikan gurita dibuat menjadi sate yang lezat. Dan adanya di kabupaten Kaur, Bengkulu yang terletak di pinggir pantai.

Bumbunya pun juga biasa saja seperti umumny sate-sate yang lainnya. Yaitu cabe, kacang, kecap, bawang merah dan bawang putih, lada, ebi dan gula merah. Semuanya dimasak jadi satu dan jadilah bumbu kacangnya. Begitupun juga dengan bumbu kecapnya hanya saja pada pencampuran bumbu kecap ini tidak direbus melainkan kecap, bawang putih dan bawang merah, cabe, lada dan gula serta ebi dicampur mentah dengan minyak goreng.

Adapun rahasianya kelezatannya adalah bukan dari bumbunya melainkan dari daging guritanya itu sendiri. Guritanya haruslah yang masih segar dan bukannya yang telah disimpan sebab kalau telah disimpan maka menimbulkan bau amis. Hal ini mudah di sana karena kabupaten Kaur memang banyak guritanya sehingga menjadi penghasil gurita yang termasuk terbesar.

Kemudian setelah dipotongi dan ditusuki menjadi sate lalu dilumuri dengan bumbu kecapnya lalu dibakar agak lama di atas bara api yang tidak terlalu panas sehingga matangnya merata hingga ke dalam. Dengan cara tersebut maka daging gurita terasa enak sekali nanti setelah dicelupkan ke dalam bumbunya baik itu bumbu kecap maupun saus kacang. Sebuah restoran di wilayah tersebut per harinya menghabiskan kurang-lebih duapuluh kilogram gurita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

-->